Articles, Banking, Business, Economy, Finance, Payment System

Mengenal BI-FAST Payment System

blank

Jakarta, PT Murni Solusindo Nusantara – Untuk mendukung transformasi digital dan juga sebagai salah satu bentuk percepatan digitalisasi sistem keuangan, Bank Indonesia (BI) akan menerapkan BI-FAST Payment System untuk membuat transaksi transfer online atau antarbank secara real time dengan biaya lebih murah dari yang tersedia saat ini.

Penerapan BI-FAST Payment System ini diharapkan dapat mengakselerasi percepatan sistem pembayaran digital di Indonesia, sehingga jumlah transaksi digital akan meningkat. Selain itu, dengan sistem ini biaya yang akan dikeluarkan nasabah akan lebih murah namun bisa diselesaikan dalam waktu singkat.

Apa Itu BI-FAST Payment System?

BI-FAST merupakan infrastruktur atau platform yang akan menciptakan sistem pembayaran secara efisien. BI-FAST ini akan mengakomodasi dan memfasilitasi pembayaran menggunakan berbagai cara mulai dari kartu, uang elektronik, dan skema direct to account, baik transfer kredit maupun transfer debet.

Hadirnya BI-FAST menjawab kebutuhan infrastruktur pembayaran yang bisa tersedia setiap saat atau 24/7. Artinya penggunaan BI-FAST akan mempercepat waktu kliring dari yang sebelumnya bisa memakan waktu 2 sampai 3 hari menjadi real-time atau saat itu juga.

Jika dibandingkan dengan SKNBI (Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia), proses kliring dalam SKNBI membutuhkan waktu yang cukup lama untuk uang sampai ke rekening tujuan. Sedangkan dengan BI-FAST, proses transaksi kliringnya tidak memiliki jeda waktu sedikit pun.

Hasilnya, BI-FAST ini akan sangat membantu untuk mempercepat digitalisasi bidang ekonomi dan keuangan di Indonesia. Selain itu, hadirnya BI-FAST diharapkan dapat menjangkau masyarakat seluas-luasnya melalui pemerataan kualitas layanan online transfer di setiap bank sehingga akan sangat bermanfaat bagi setiap pihak yang terlibat.

Seperti yang kita ketahui, saat ini transfer ke rekening bank lain akan dikenakan biaya sekitar Rp 6.500,-. Hal ini dikarenakan bank masih menggunakan jasa ATM switching company sehingga biaya per transaksi lebih tinggi dan dibebankan ke nasabah.

Tetapi dengan sistem BI-FAST, biaya per transaksi diperkirakan hanya membutuhkan biaya sekecil-kecilnya Rp 1 per transaksi. Dengan demikian, bank diharapkan mampu memberikan layanan transfer antar bank dengan biaya yang lebih terjangkau namun dengan proses yang lebih mudah dan waktu yang lebih cepat untuk setiap nasabahnya.

Apakah BI-FAST Akan Menggantikan SKNBI?

Mengutip dari Gubernur BI, Perry Warjiyo, BI-FAST akan diluncurkan di tahun 2021 untuk menggantikan SKNBI. Pergantian sistem ini dilakukan untuk mempercepat transaksi kliring perbankan.

Dengan pergantian ini, BI mengharapkan pertumbuhan yang baik untuk berbagai sektor seperti pertumbuhan di pasar digital atau e-commerce dan uang elektronik. Sesuai rencana, BI akan meluncurkan BI-FAST untuk segmen pembayaran ritel di tahun 2021.

Pembayaran ritel merupakan transaksi non-tunai antar individu dengan karakteristik bernilai kecil dan frekuensi yang tinggi. Pembayaran ritel ini akan meluas di masa mendatang karena penggunaannya yang kian masif. Oleh karena itu, pengembangan strategi sistem pembayaran ritel harus dilakukan sesegera mungkin.

Di era digital yang cepat seperti sekarang ini, pergantian SKNBI dengan BI-FAST dirasa perlu karena sistem yang ada saat ini masih belum cukup memadai untuk mengakomodasi percepatan tersebut.

Untuk mempersiapkan diri menuju era pembayaran digital yang baru dengan BI-FAST, bank, sebagai peserta utama wajib mempersiapkan solusi dan infrastruktur yang dibutuhkan secepatnya. Mengingat, uji coba yang rencananya akan dilaksanakan di Oktober 2021.

Sebagai perusahaan berbasis teknologi informasi & komunikasi (ICT) dan bersertifikasi ISO 9001:2015 yang telah dipercaya oleh Bank Indonesia sejak tahun 1990 hingga saat ini, PT Murni Solusindo Nusantara memperkenalkan SMARTGATEWAY™ untuk melancarkan implementasi BI-FAST bagi setiap peserta, baik bank dan lembaga keuangan non-bank.

Peran SMARTGATEWAY™ sebagai aplikasi penghubung, akan menjembatani sistem Bank Indonesia dengan sistem yang dimiliki masing-masing peserta. SMARTGATEWAY™ juga dikembangkan secara fleksibel dan adaptif untuk memastikan implementasi BI-FAST yang lebih mudah, cepat, dan hemat biaya – tanpa modifikasi atau dengan modifikasi yang seminimal mungkin pada sistem peserta.

Jika Anda ingin mempercepat dan mempermudah implementasi BI-FAST sembari didukung penuh oleh solution provider yang terpercaya dan berpengalaman di bidang sistem pembayaran nasional Bank Indonesia, SMARTGATEWAY™ dari PT Murni Solusindo Nusantara adalah jawabannya.

Hubungi kami melalui e-mail BI-FAST@murni.co.id untuk berkonsultasi langsung dengan tim konsultan kami.

Back to list